Refleksi Krida 1 – Quotes

1504195584649

Nama               : Audrey Nathania Halim

Prodi               : Farmasi

Kelompok       : Irving Fischer

Pada tanggal 25 Agustus 2017 ini, kami mahasiswa baru Universitas Ma Chung mengikuti rangkaian kegiatan Ma Chung Festifal 2017 yaitu Krida. Krida adalah kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan kepada mahasiswa akan nilai “sense of belonging” terhadap lingkungan universitas. Jadi bisa dibilang Krida adalah kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan rasa cinta kebersihan dengan mendaur-ulang sampah-sampah di lingkungan.

Pada acara Krida pertama ini, kami para mahasiswa baru disuruh membuat 2 buah quotes 3D di kertas A2. Pengerjaan tugas ini bertemakan motivasi dan quotes tersebut berada di abad 19 -20. Kelompok kami menggunakan quotes:

“You can avoid reality, but you can’t avoid the consequences of avoiding reality.”

–Ayn Rand (1905-1982)

“If you’re afraid to fail, then you’re probably going to fail.”

-Kobe Bryant (1978-Now)

Tugas membuat quotes ini dikerjakan di Universitas Ma Chung – Belakang Student Centre dan dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kelompok kami membawa kertas A2, strerofoam, kertas lipat, kartas buffalo, kertas kokoru, pita, gunting, lem, cutter, double-tape, alat tulis, spidol, glitter, dan masih banyak lagi. Kami pun memulainya dengan memberi tugas kepada masing-masing anggota untuk bekerja. Namun pada akhirnya hasil kerja kita tidak sesuai dengan konsep awalnya dan cenderung berantakan. Sehingga membuat beberapa anggota kecewa terhadap hasil yang sudah kami buat. Menurut saya, kelompok saya ini masih belum bisa bekerja sama dengan baik. Masih belum bisa bekerja dengan maksimal karena masih belum ada yang bisa mengkoordinir pembagian tugas yang baik lalu juga anak yang tidak mau bekerja, ada juga anak yang cenderung pasif. Menurut saya pribadi meskipun hasil quotes yang kami buat memang menyimpang dari konsep awalnya, tetapi saya berpikir tidak perlu kecewa juga. Menurut saya, hasil yang dibuat bersama-sama itu lebih baik daripada kerapian dan lain-lain. Soalnya saya ingin menghargai apa yang sudah dikerjakan oleh teman-teman kelompok saya meskipun memang hasil potongan mereka tidak rapi. Setidaknya teman-teman saya mempunyai keinginan untuk bekerja. Namun akhirnya kelompok kami memperbaiki bagian-bagian dekorasi quote yang menurut kami harus diperbaiki.

Lalu pada tanggal 15 September 2017 adalah hari di mana kami akan mempresentasikan quote yang kami buat. Kami akan mempresentasikan di koridor lantai 1 gedung Bhakti Persada dan quote yang akan kami presentasikan adalah “If you’re afraid to fail, then you’re probably going to fail.” – Kobe Bryant. Sebelum melakukan presentasi, kami diberi waktu untuk berdiskusi tentang apa yang akan kita bicarakan selama presentasi seperti mengapa kita memilih quote ini, apa makna quote tersebut, dan bagaimana sejarah/biografi dari Kobe Bryant. Makna dari quote ini adalah kita harus berani untuk mencoba agar kita tidak gagal. Jadi kelompok kami memilih quotes tersebut karena dengan quotes itu dapat membuat kita bangkit dari keterpurukan dan memotivasi kita agar berani mencoba meskipun mungkin akan gagal. Karena jika tidak mencoba melakukannya, maka kita akan benar-benar gagal. Lalu kelompok kami juga menjelaskan sedikit sejarah Kobe Bryant yang merupakan seorang mantan pemain basket NBA yang hebat dan pernah mengalahkan Michael Jordan dan sebagainya. Kelompok kami dapat mempresentasikan quote kami dengan baik.

Saya mendapat banyak pelajaran dari krida pertama ini seperti belajar merencanakan apa yang harus disiapkan, belajar berorganisasi dengan membagi tugas dengan baik jika tidak maka hasil tidak akan maksimal, belajar bekerja sama dengan orang lain di mana hal itu sangat susah karena setiap teman memiliki sifat yang berbeda, dan belajar menghargai pendapat orang lain, belajar mengerti berbagai sikap teman-teman kelompok dan bersabar dengan sikap mereka. Selain itu juga membuat kita harus berani mengutarakan pendapat dan pikiran atau ide. Jadi menurut saya kegiatan krida pertama ini sudah baik.

Berikut foto dokumentasi kelompok kami:

Tinggalkan komentar